Senin, 02 April 2012

PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Perbedaan tak jadi masalah dalam berhubungan
Ringkasan :

   Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang dalam pembahasan materinya berkaitan dengan kenegaraan seperti : Sitem kenegaraan, Hak dan kewajiban, Demokrasi dsb. Yang dimana materi tersebut di berikan kepada pelajar (mahasiswa) yang kelak suatu saat nanti pasti menjadi generasi penerus bangsa.

   Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan ini adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri mahasiswa.

   Hal ini penting berkaitan dengan semakin maraknya budaya global yang mudah masuk dan mudah di terima oleh generasi muda, dan pendidikan kewarganegaraan ini juga sebagai bekal dan antisipasi agar nilai-nilai bangsa dan kenegaraan ini tidak terusik oleh pengaruh globalisasi.


Opini :

   Materi yang ada dalam pendidikan kewarganegaraan sudah bagus, namun dari segi penyampaian (tenaga pengajar) harus mampu menarik minat para pelajar. mengingat pengaruh budaya luar yang begitu kuat dapat dengan mudah mencuri minat generasi muda sekarang ini. Yang sudah banyak bukti yang membuktikan tingkah laku, pola pikir dan pola hidup generasi muda yang sudah hampir sepenuhnya di pengaruhi pengaruh globalisasi.


Saran :

   Dalam proses belajar pendidikan kewarganegaraan perlu adanya kunjungan belajar ke tempat yamg menjadi bangian dari materi belajar seperti ke kantor pemerintahan (DPR/MPR, Kejaksaan Agung, dsb). Dan di samping itu perlu adanya praktek agar para pelajar dapat merasakan secara langsung suasana yang terjadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar